Dijual Rp 43 Juta di India, Mungkinkah Suzuki Alto Masuk Indonesia?

Jakarta – Suzuki baru saja memperkenalkan generasi Alto di India dengan harga mulai dari Rp 43,5 jutaan. Melihat harganya, mungkinkah mobil ini akan diboyong Suzuki ke Indonesia?

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia kini sedang menggodok regulasi terkait mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car.

Pada regulasi itu, pabrikan yang ingin ikut serta harus bisa menyediakan mobil ramah lingkungan dengan harga sekitar US$ 10.000 atau sekitar Rp 90 jutaan.

Toyota dan Daihatsu sudah menyatakan ikut serta dengan kehadiran Agya dan Ayla. Suzuki juga sudah menyatakan siap ikut, tapi mereka belum menunjukkan mobil apa yang akan mereka gunakan untuk ikut dalam program ini. Mungkinkah Alto akan dijadikan mobil LCGC?

“Belum ada komentar ya, sabar dulu,” elak 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indonmobil Sales Endro Nugroho kepada detikOto, Selasa (23/10/2012).

Generasi baru dari Alto ini dilepas oleh Maruti Suzuki India di negeri Bollywood tersebut adalah penyempurnaan dari Alto yang ada sekarang.

Di India, mobil generasi baru ini dilepas dengan harga mulai dari 244.000 rupees atau sektiar Rp 43,5 jutaan sampai 299.000 rupees atau sekitar Rp 53,4 jutaan. Jadi, bila pun harganya melonjak jadi dua kali lipat, mobil ini masih masuk dalam skema LCGC yang sedang digodok pemerintah.

Di jantungnya hadir sebonggol mesin 800 cc terbaru yang dikatakan memiliki efisiensi 15 persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Hanya butuh 1 liter bensin untuk berjalan sejauh 22,74 km.

Sementara untuk versi gas (CNG) Suzuki melepasnya dengan harga antara 319.000-356.000 rupees atau sekitar Rp 56,9 jutaan sampai Rp 63,5 jutaan.

Sumber : detikoto